Menentukan lokasi dengan Grid Locator

Untuk menentukan lokasi sebuah titik atau tempat biasanya digunakan koordinat. Titik koordinat merupakan titik dalam peta yang merupakan kombinasi pertemuan antara garis horisontal atau biasa disebut latitude atau lintang dengan garis vertikal atau longitude atau bujur.

Kalau kita lihat di peta, terutama dengan menggunakan peta digital seperti google maps, titik koordinat ditulis dengan kombinasi angka dengan jumlah digit lumayan banyak yang cukup menyulitkan bagi kita untuk menghafal atau mengingat kombinasi angka yang merupakan titik sebuah lokasi tersebut.

Untuk mempermudah penyampaian informasi lokasi, para amatir radio menggunakan Maidenhead Locator System. Pada sistem penentuan lokasi yang sering disebut juga grid locator tersebut, sebuah lokasi hanya dituliskan dalam beberapa digit huruf dan angka. Sistem ini juga disebut dengan grid square karena penulisan kombinasi huruf dan angka tersebut mengacu pada gambar peta yang seolah-olah dibagi ke dalam kotak-kotak kecil seperti pada papan catur.

Banyak tersedia software untuk menghitung atau menunjukkan grid locator dari sebuah lokasi, mengubah kombinasi koordinat latitude dan logitude menjadi minimum 4 digit huruf dan angka. Salah satunya adalah layanan yang diberikan oleh qrz.com berupa GridMapper.

Cara penggunaan GridMapper sangat mudah, kita tinggal click pada peta, maka akan terlihat data lintang, bujur serta grid squarenya.

Selain pada qrz.com, kita juga dapat melihat grid square locator kita pada website beberapa amatir radio, diantaranya:

  1. K7FRY
  2. HA8TKS

Case Study:

Kita akan gunakan tools pada website HA8TKS.

Sebagai contoh kita akan melihat grid locator dari Jalan Tunjungan di kota Surabaya, Jawa Timur. Pada peta bumi dengan grid square sebagian Sumatera, sebagian Kalimantan, Jawa, Bali, NTB, sebagian NTT dan sebagian Sulawesi berada pada grid OI. Pada kotak atau grid OI tersebut masih akan dibagi lagi menjadi kotak-kotak lebih kecil untuk menentukan 2 digit berikutnya dalam bentuk angka. Kota Surabaya terletak pada grid OI62. Lokasi grid OI62 juga dibagi menjadi kotak-kotak lebih kecil untuk memntukan posisi grid yang lebih kecil. Grid tersebut akan ditulis dalam 2 digit huruf. Jalan Tunjungan berada pada grid OI62IR.

Contoh berikutnya kita akan melihat grid locator dari salah satu landmark di Madura, yaitu Monumen Arek Lancor di Pamekasan, Madura. Karena pulau Madura berada pada grid OI, maka selanjutnya kita baca grid kecil di dalamnya untuk melihat Kota Pamekasan. Terihat sebagian wilayah Kabupaten Pamekasan, khususnya wilayah kota, berada pada grid OI62. Monumen Arek Lancor yang terletak di tengah-tengah kota Pamekasan terlihat berada pada grid OI62RU.

Setelah digit ke-6, grid tersebut masih dibagi lagi menjadi kotak-kotak kecil untuk data lokasi yang lebih detail. Namun amatir radio cukup hanya menyebutkan minimal 4 digit di awal, atau biasanya maksimum 6 digit. Lebih mudah dihafal bukan?