Satellite Tracker

Posisi satelit yang jauh di atas bumi, sangat sulit untuk dilihat dengan mata telajang, kecuali pada saat-saat dan kondisi tertentu ada satelit seperti ISS atau International Space Station yang dapat dilihat secara kasatmata. Untuk mengetahui, mengamati atau memprediksi posisi satelit diperlukan bantuan software khusus satellite tracker atau penjejak satelit.

Dengan bantuan perangkat lunak tersebut kita dapat mengetahui lintasan satelit yang akan kita observasi. Kita dapat mengetahui posisi satelit ketika sedang melintas atau bahkan dapat memprediksi kapan dan di mana posisi satelit akan melintas. Pada azimuth berapa dan elevasi berapa satelit akan masuk AOS (Acquisition of Signal), TCA (Time of Closest Approach), serta LOS (Loss of Signal).

Ada banyak software satellite tracker tersebut yang dapat kita gunakan, baik dengan menggunakan PC ataupun smartphone. Beberapa software tersebut antara lain:

Untuk komputer atau PC:

  1. Orbitron (Windows)
  2. Gpredict (Linux, MacOS, Windows)
  3. Previsat (Linux, MacOS, Windows)
  4. Dan masih sangat banyak lagi alternatif satellite tracker lainnya sesuai dengan sistem opersai yang digunakan (Linux, MacOs, Windows)

Untuk Smartphone:

  • Android
    1. AmsatDroid
    2. Look4Sat
    3. ISS Detector
    4. Orbitrack
    5. dan lain-lain
  • iOS
    1. SatSat
    2. ISS Detector
    3. Orbitrack
    4. dan lain-lain

Selain software untuk PC dan smartphone, juga ada banyak online satelite tracker berbasis web.